Pelatihan GIS Dasar Program Studi Kehutanan Universitas Pattimura

Ambon – Program Studi Kehutanan Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian Universitas Pattimura menyelenggarakan Pelatihan GIS Tingkat Dasar bagi mahasiswa tingkat akhir dan alumni Prodi Kehutanan sebagai bagian dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) di Jurusan Kehutanan UNPATTI.

Pelatihan GIS Dasar dilaksanakan selama 4 hari mulai hari Senin, 27 sampai dengan Kamis, 30 November 2023. Pembukaan kegiatan pelatihan dihadiri oleh Ketua Program Studi Kehutanan, Ketua dan Sekertaris Jurusan Kehutanan, dosen pelatih, dan 15 peserta mulai dari angkatan 2017, 2018, & 2019. 

Dalam sambutannya Ketua Program Studi Kehutanan Dr. H. Lelloltery, S.Hut., M.P. menuturkan kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan PK-KM sertifikasi profesi GIS, yang diikuti oleh 6 dosen program Studi Kehutanan. Para dosen yang telah disertifikasi menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan. Lebih lanjut Ketua Jurusan Kehutanan Dr. M. Tjoa, S. Hut., M.P. dalam sambutannya berharap pelatihan GIS Dasar bagi mahasiswa dapat menjadi tambahan ilmu dan kemampuan bagi alumni dan berharap dapat menjadi kemampuan tambahan bagi alumni untuk terjun ke lapangan pekerjaan, mengingat kemampuan GIS sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan saat ini.

Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh narasumber. Materi GIS dasar yang disampaikan adalah Pengantar GIS disampaikan oleh Dr. J. W. Hatuleisila, S.Hut., M.Si. , Sistem Koordinat & Registrasi Peta oleh H. E. S. S. Aponno, S.Hut., M.Sc. , Digitasi oleh A. Boreel, S.Hut., M.Si. & M. R. Sitanala, S.Hut., M.Sc. , Global Positioning System (GPS) oleh Dr. Ir. P. Ph. Papilaya, M.Sc.F. , dan Layout Peta oleh Dr. B. Latuamury, S.Hut., M.Sc. . akhir dari kegiatan pelatihan peserta pelatihan  diberikan kesempatan mempresentasikan hasil kerjanya, berupa pembuatan peta tutupan lahan. Peserta pelatihan diberikan kesempatan menyelesaikan tugas selama 1 minggu mulai dari akhir pelatihan dan akan diberikan sertifikat sebagai bentuk penghargaan bagi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *